Wellcome To My Blog....

Tuesday, February 2, 2010

China Kecam Pertemuan Obama & Dalai Lama

Selasa, 2 Februari 2010 - 14:42 wib


Hermanto - Okezone
Foto : Ist.

BEIJING - China menegaskan pertemuan antara Presiden Barack Obama dan tokoh agama Dalai Lama, dapat merusak kepercayaan antara kedua belah negara. Sebelumnya sudah terjadi karena penentangan penjualan senjata ke Taiwan.

Wakil Menteri Departemen Persatuan Barisan Kerja Partai Komunis China Zhu Weiqun menyatakan, pemerintahannya menentang adanya pertemuan tersebut. Pasalnya, Dalai Lama dianggap sebagai pemimpin Tibet yang dianggap Beijing sebagai separatis yang berbahaya.

"Jika nantinya hal itu terjadi, maka China akan menentang pertemuan tersebut," ujar Zhu, yang mengurusi kebijakan menyangkut keagamaan dan permasalahan etnis, dalam sebuah konferensi pers seperti dikutip dari thestar.com, Selasa (2/1/2010).

Kabar yang beredar menyebutkan, Obama akan menemui pemimpin spiritualis Budha itu, ketika ia berkunjung ke Amerika pada bulan depan. Gedung Putih sendiri belum menginformasikan akan adanya pertemuan tersebut.

Walaupun hanya pertemuan secara simbolis antara pemimpin AS dengan Dalai Lama, tapi tampaknya hal tersebut dapat menyulut kemarahan pemerintahan China. Di mana sebelumnya bermasalah dengan adanya penjualan senjata ke Taiwan.

China selalu melakukan pertentangan menyangkut pertemuan Dalai Lama dengan beberapa pemimpin negara, khususnye ketika kekerasan menyeruak di wilayah Tibet pada Maret 2008.

Sebelumnya, Dalai Lama sempat melontarkan wacana menyenai otonomi yang luas bagi wilayahnya, hingga akhirnya ia melarikan diri pada tahun 1959.

Sementara Pemerintah China berpendapat jika wacana yang digulirkan Dalai dapat memicu terjadinya permintaan kemerdekaan. China baru-baru ini menyelenggarakan pertemuan dengan Dalai Lama, akan tetapi pertemuan tersebut tidak menghasilkan apapun bagi kedua belah pihak.(rhs)

0 comments:

Post a Comment

Informasi Teknologi Terbaru 2010

berita

 

Tentang Saya

My photo
siswa smkn 1 cerme gresik

Ucapan dari saya

TOLONG KOMENTARI BLOG INI

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

JANGAN LUPA MASUK JUGA KE DESIGNER.BLOG